19 July, 2013

Bermain Musik

 Do re mi fa sol la si dooooo~


musik ga pernah lepas dari kehidupan. coba kalian bayangin kalo hidup ini ga ada musik. kayaknya semua orang bakal 'dingin'.

ah, basa basinya garing.

sebenernya aku mau cerita tentang pengalaman aku dalam hal Bermain Musik. ceilah :P
pertama kali kenal sama alat musik mungkin dari kecil. ya aku juga lupa kapan dan apa alat musik yang pertama kali aku kenal. terus kalo kenal sama nyanyi-nyanyi kayaknya dari kecil juga. dulu sering di cekokin karaokeannya lagu-lagu Chrisye sama Bapak.

dulu kakak-kakak pada di ikutin les gitar. yang ngajarnya tetangga. jadi lesnya barengan sama tetangga yang lain juga. aku penasaran pengen bisa main gitar. minta ajarin ke kakak yang cowok, doi cuman bilang "genjreng-genjreng aja dulu" yaudah aku ambil gitar terus genjreng-genjreng ga jelas.

lama-lama jadi lupa soal pengen bisa main gitar. kelas 4SD di sekolah ada pelajaran Seni Musik. di kenalin deh tuh sama alat musik Recorder.




dengan alat musik ini, aku berhasil masuk ke dalam Tim Ensamble Musik sekolah waktu kelas 5 SD. dan tampil di depan para Tentara waktu Ulang Tahun TNI di Garut (2005). sayang ga ada fotonya. ga boleh foto-foto di dalem markas TNI (  ._.)/

waktu kelas 4 SD di ajak les piano bareng sama tetangga. manggil guru gitu kerumah. lesnya seminggu satu kali. les piano ga bertahan lama. karna gurunya agak kurang bener ngajarinnya. tapi sempet main di panggung 17 agustus bareng temen yang les barengan itu. ada satu lagu dimana dia yang main piano dan aku main recorder. aku lupa bawain lagu apa waktu itu tapi yang aku inget, ada beberapa not yang aku lupa. gemeter cyiiin.

waktu SD sempet minta dibeliin pianika, tapi gak dikasih. ga tau deh kenapa. 

yaudah, lanjut deh. kelas 1 SMP aku minta les gitar sama tetangga yang dulu ngajarin kakak-kakak itu. lesnya tiap hari minggu siang. asal-asal sih asik. setelah jalan 3 bulan, dikasih not balok sama gurunya. JEGER!



3 minggu setelah dikasih tugas not balok itu aku menyerah. akhirnya berenti. sampe pada akhirnya, kelas 3 SMP lanjut lagi les karna sekarang temen rumah udah banyak juga yang ikutan les. waktu pertama kali aku les mah cuman sendirian (  T_T)

di les gitar percobaan ke-2 ini aku di kasih cobaan sama yang namanya "Riz, kamu yang nyanyi biar yang lain ngiringin" kenapa bisa gini? karna dari 5 orang yang les gitar waktu itu cuma aku yang cewek. dengan jumlah yang kalah ini maka mereka menang telak. aku ga bisa nolak juga, daripada nantinya aku diusir dan ga diterima les lagi kan. 

dampak dari menjadi korban so-called-vocalist di tempat les itu, kami berlima disuruh manggung buat acara 17 Agustus 2010 dan tentunya aku yang nyanyi. aku les gitar, tapi malah disuruh nyanyi. apa-apaan ini?!!

dan yak! terjadilah kegemparan telinga pada malam perayaan 17 Agustus di komplek akibat ga biasa nyanyi di depan orang banyak.


setelah kejadian menggemparkan ini kata gurunya aku ga usah nerusin les gitar. jadinya disuruh les vokal. maka aku laksanakan hanya dalam beberapa bulan karna ga ada kemajuan. berenti. lagi.

dan sampai tahun ini aku berenti memainkan alat musik apapun. 
gitar itu berhenti berbunyi. 
recorder itu berdebu tak ditiup
piano itu ditutup kain tak dimainkan.

tapi beberapa bulan yang lalu aku iseng-iseng bawa gitar ke asrama. ya genjreng-genjreng ga jelas aja sama tetangga. lumayan kan buat ngelenturin tangan yang udah mulai kaku main gitar.

ini tadi sore aku iseng mainin lagi recorder. bawain lagu "Do Re Mi" dari The Sound of Music.
kalo widgetnya ga muncul klik ini


20 comments:

  1. Enak banget dah dilesin alat musik ini-itu T_T kalo gua mah ngga teh, paling otodidak dan ngga ampe jago, asal bisa :p

    So-called-vocalist :V raisa?! wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah les gitarnya sama tetangga. jadi harganya murah :')

      iya Jal, Raisa *kibas rambut*

      Delete
  2. Ga bisa bermusik. Pernah sih jadi drummer pake bangku pas SD dulu.

    ReplyDelete
  3. Gue paling nggak bakat maen suling T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ga bisa main suling mah. bisanya maen recorder :P

      Delete
  4. maen flute kagak jago.. malah kagak bisa :3 kalau gitar ya dari otodidak.. bisanya kalau mau diajakin maen gitu baru belajar.. kalau nggak ya nggak ada yang hafal cord :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga maen gitarnya kudu nyontek chord :P

      Delete
  5. Dulu sempet belajar rekorder, tapi sekarang udah lupa --"

    Share juga ah... huahaha
    Gue sih sukanya main piano/keyboard sama gitar. Alhamdulillah sebagai keyboardis dulu sempat mewakili Aceh di Indomie Jinggle Dare 3, walaupun gugur di semifinal. Halah --"

    Sekarang lagi mencoba dalemin Rapai (alat musik tradisional Aceh, sejenis Rebana) di ukm kampus.

    ReplyDelete
  6. Itu namanya suling apa rekorder sih? :s

    ReplyDelete
  7. << punya gitar tapi ga pernah dimainin, akhirnya terbengkalai (dan gabisa mainin instrumen musik sampai sekarang).

    ReplyDelete
    Replies
    1. udahlah om, joget-joget sambil headbang unyu aja ya

      Delete
  8. huuu payah ah, udah saya beliin gitar yg mahal ituuh haha. kedengeran bgt maenin recordernya udah gak lincah. banyak latihan lagi ya dek :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hih, yg milih gitarnya juga bukan kamu kan :P

      Delete
  9. btw... kamu nemu suling2 bambu saya gak ya dirumah? ada bbrp buah tp entah dimana.. mau aah maen suling lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tuh di atas lemari~
      sudah berdebu tak terurus. kasihan.

      Delete
  10. Harusnya judulnya, "Gagal Jadi Artis". :p
    Etapi jadi dapet inspirasi buat nulis sesuatu. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhasil tau! jadi artis di kamar sendiri :P

      Delete

Comment juga dong! payah baca doang