01 August, 2013

[Do It Yourself] Bantal Patchwork

ya! halo!
sekarang nulis buat menuhin janji sama kalian semua!
itu loh, bantal Patchwork yang dijual sama sayah. sekarang mau aku kasih tau ke kamu, kamu, sama kamu yang ganteng cara bikinnya. karna berbagi ilmu itu indah!

sebelumnya, aku jelasi dulu untuk pemilihan bahan dan gambarnya yaw~
di co-paste dari file UAS mata kuliah Studi Kreatif yang sudah disetujui pemilik gambar yang di jadiin gambar di bantalnya.
nih...
Inspirasi produk untuk kali ini adalah sebuah tokoh fiksi karya Nur Ikhsan Azizudin salah satu teman saya yaitu Kirana The Dreamer.
 
Kirana lahir pada tahun 2011. Kirana adalah nama yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti cahaya. Kirana memancarkan semangat, dan memberikan energi. Kirana dapat dilambangkan sebagai cahaya yang memberikan penerangan. 

Kirana The Dreamer


Digambarkan Kirana adalah seorang gadis pemimpi. Alasan pencipta Kirana memposisikan Kirana diatas bulan dan memakai piyama pink adalah karena Kirana sedang ada di dunia mimpi. Di dunia mimpi semua orang dapat melakukan apapun; tidak dibatasi. Sedangkan untuk piyama pink adalah karena warna pink yang mewakili dari sifat Kirana yang feminin, lembut, manis, dan ketidakdewasaan/manja. Sehingga, Kirana cocok dilihat untuk anak kecil, terutama perempuan. 
Saya tertarik pada kisah intristik Kirana yang begitu dalam. Karena ada pesan pribadi juga di dalamnya. Sehingga saya memutuskan menggunakan Kirana sebagai inspirasi saya dalam membuat produk ini. 
Hasil akhir produk ini adalah sebuah bantal berukuran 35x35cm. Untuk material, saya menggunakan kain yang ada di rumah. Teknik yang digunakan untuk menjahitnya adalah jahit tangan. Tanpa mesin. Sedangkan untuk pemilihan warna, saya mengikuti warna dari gambar aslinya agar tidak mengubah makna dari gambar itu sendiri.

ya begitulah penjelasannya. kalo males baca ya udah skip aja penjelasannya (  '-')/
lalu mari buat Bantalnya...

1. Siapkan bahan dan alat
  • Kain (warna kuning, merah, abu, dan biru tua)
  • Benang (warna kuning, pink, hitam, dan krem)
  • Jarum jahit
  • Gunting

klik aja biar fotonya jadi gede~


2. Potong kain sesuai keinginan kamu. Diukur dulu ya biar rapi. kira kira ukuran dasarnya 35x35cm.

klik aja biar fotonya jadi gede~

3. Jahit kain biru tua ke kain abu. Disini aku pake tusuk Feston. ya tanya gugel aja kalo di foto ga jelas dan kalian ga tau =w=

klik aja biar fotonya jadi gede~

4. Setelah kain biru selesai di jahit ke kain abu, selanjutnya jahit kain kuning ke kain biru. pake tusuk Pipih/Jerman aja. habis itu bikin outline untuk bentuk Kira deh

klik aja biar fotonya jadi gede~

5. Isi outline yang sudah di buat tadi dengan tusuk Pipih/Jerman juga.

klik aja biar fotonya jadi gede~


6. Jahit bagian depan (kain abu) dengan bagian belakang (kain merah). lalu pasang pita di bagian atas untuk penutup. bisa juga di ganti dengan kancing atau resleting.
*maaf ga ada fotonya. lupa ga di foto hehe*

7. Masukkan Bantal ke sarung bantal yang sudah dibuat tadi. Diisi pake dakron biar fluffy =w=

klik aja biar fotonya jadi gede~
8. SELESAI!

Kira The Dreamer on Patchwork Pillow

Kira The Dreamer on Patchwork Pillow


gimana? gak jelas ya?
maaf ya. file foto beberapa ada yang hilang karna hape rusak. jadi ya seadanya aja :(

lucu ga? lucu dong.
jadi, ayo buat Bantal Patchwork kamu sendiri! atau kalo kamu mau yang instan, pesen aja ke "bluered paperbag" yuhuuuu~

sekian, Selamat bobok
=w=

5 comments:

  1. KEREEEEN! :) itu bantalnya udah jadi dari sananya yah?nanti aku mau nyoba bikin ah.tengkyuuu ceceeeu:d TUTORIALNYA MANTAPZZZZ BEUDH :))

    ReplyDelete
  2. Wui keren, bisa di jadiin usaha nih :D

    ReplyDelete
  3. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

    ReplyDelete

Comment juga dong! payah baca doang