19 January, 2014

Titik Balik Sebuah Ikatan

alkisah ada sebuah Komunitas Blogger yang punya nama super nyentrik bin nyeleneh. saya masih ingat waktu pertama join grup anggotanya masih 200-an. dan ini menjadi pengalaman pertama saya melakukan interaksi dengan orang di media sosial dengan benar. I mean, setelah ke-booming-an friendster dan YM berlalu dengan useless.

singkat cerita saya bertemu dengan anggota yang satu kota atau biasa disebut regional atau apapun itu pada akhir 2011. pertemuan kami yang pertama yang biasa disebut kopi darat atau kopdar hanya dihadiri 3 orang saja. Saya, Dita dan Tristiyono as-known-as Om Yono

lalu berlanjut pada kopdar-kopdar berikutnya. dan sampailah pada tahun ini dimana anggota Regional Bandung menjadi puluhan-tapi-yang-kumpul-itu-lagi-itu-lagi. hhe. engga deng. tapi, pertengahan tahun 2013 saya sempat bosan buat kopdar atau berurusan dengan grup. sampai pada akhirnya banyak anggota dari Bandung baru yang nanya kapan ada kopdar. dan selalu saya yang ditunjuk menjadi koordinator acaranya. sejak dulu.

kalau sekedar kumpul sama anggota Regional sih sering banget. cuma sekedar nonton atau nongkrong di ke-ep-ci berjam-jam ngegosipin berita terbaru dan terpanas dari grup. hhe. 
hingga bertemu pada sebuah pertemuan yang menjadi titik balik ikatan Regional Bandung ini. saya mengeluhkan tentang kebosanan saya dengan kopdar. lalu Om Yono memberi sebuah ide tentang agenda baru untuk kopdar selanjutnya. dan semua setuju.
Jakur, Devi, Saya, Bayu. Om Yon telat dateng. eym.

dan tiba pada tanggal 28 Desember 2013 untuk Kopdar Regional Bandung yang entah ke-berapa-kalinya. agenda kopdar kali ini adalah menggambar di kaos yang bertempat di taman Dago. itu loh, yang ada tulisan DAGO ituuu. setelah urusan pembayaran kaos dan alat gambar selesai dengan lelah dan pusing akhirnya kami bisa menggambar di kaos dengan absurd. kayak topinya Om Yono

huwe

gunungnya Om Yon mempesona sekali
doi turunan Picasso kali yak :v
Dari atas kiri ke kanan
Deden, Aldi, Bayu, Asep, Jakur, Kiting/Kevin, Arif
demenannya Kiting, Riska, Dita, Kinan, Fira, Gita
Om Yon, Devi, Uti, Ririz (saya)



dari kopdar ini lahirlah sebuah proyek agar kami mengeluarkan semua ide kreatif yang tertahan sejak lama. dan bisa mengikat kami semua menjadi sebuah keluarga yang lebih solid dari yang lain. eym

bicara soal kreatif...
definisi kreatif menurut kamu apa sih? berkarya sebebas mungkin? tanpa batasan? tanpa hambatan?
ya, namanya kreatif mah kan ya kasarnya 'terserah lo mau ngapain' asal masih beretika dan ngga menjiplak karya orang gitu. ya gak? iya-in aja biar cepet.

teorinya sih gitu. tapi prakteknya, ngga semua yang kita lakuin bisa diterima sama semua pihak. ya namanya manusia. punya pikiran dan prinsipnya masing-masing. TAPI, sekeras apapun kita punya pikiran, perasaan, dan prinsip, tetep aja kita harus melihat keadaan sekitar.

saya ambil satu contoh: beberapa waktu yang lalu saya di-tandai di sebuah post di grup tentang anggota yang satu Regional dengan saya yang menjiplak tulisan dari blog atau web lain. ya, menjiplak tulisan atau segala hal memang ngga ada yang ngasih Izin. kecuali menjiplak perilaku positif. eym.

nah, beliau masih SMA. mungkin bagi blogger senior hal seperti ini sudah sering tercium dan sering terjadi. hingga pada akhirnya ketika menemukan kasus baru, mereka geram. di post ini pendiri grup menasehati si-anggota tentang penjiplakan ini. bahwa kami sebagai blogger tidak harusnya melakukan itu dan bla bla bla. memang, pendiri tidak memarahi atau menggurui. tapi pemilihan kata pada paragraf nasehatnya itu membuat anggota lain memberikan komentar yang membuat si-anggota ini down. bagaimana tidak? puluhan anggota lain turut hadir mengomentari post itu dengan kata-kata tajam dan menusuk.

dalam sudut pandang saya dan pengalaman saya, si-anggota ini masih terhitung baru dalam dunia blog. dan sesuatu yang baru kita geluti terkadang membuat kita 'meniru' mereka yang sudah lebih dulu bergelut dalam hal tersebut. mungkin niat si-anggota ini adalah berbagi info yang mungkin saja orang lain belum ketahui. hanya saja, beliau belum tahu tata cara berbagi konten di Internet dengan baik dan benar. karna pada dasarnya semua orang yang melek internet belum tentu tahu hukum atau tata cara tentang berbagi konten di blog atau web dengan benar.

maksud saya adalah, ketika kita menemukan kasus seperti ini lagi, sebisa mungkin kita menghubungi yang bersangkutan secara private terlebih dahulu. membicarakannya baik-baik. memang, pendiri tidak memarahi beliau atau membullynya. tapi, pemilihan kata-katanya memancing orang lain untuk melemparkan kata-kata yang kurang sepantasnya. katanya kreatif, masa ngasih tau orang salah aja masih pake cara lama sih. eym.

ngga semua orang bisa bangkit sendiri setelah jatuh, lho. kita harus hati-hati akan hal ini. mungkin terkadang niat kita adalah memotivasi mereka yang salah. tapi ketika kita berurusan denan tulisan, orang yang dituju salah menggunakan intonasi, maka mereka akan mengartikannya dengan salah juga. yah salah paham deh. putus deh. eym.

setelah kejadian itu, beliau tidak lagi pernah hadir saat saya mengundangnya untuk kumpul dengan anggota Regional Bandung lainnya. padahal saya juga sering berada di posisi beliau dalam perkuliahan saya. karna kuliah saya menuntut saya harus kreatif. ketika karya saya serupa-tapi-tak-sama dengan karya teman, kerap kali dibilang menjiplak. dan di-umpat sama orang lain karna apa yang kita kerjakan salah itu sama sekali ngga enak. saya ngga mau lagi kehilangan teman Regional hanya karna salah paham. maka dengan ini saya membetuk ikatan yang kuat. sekuat cintaku padanya lah..

mengikatnya dengan apa? dengan sebuah proyek terbaru dari Regional Bandung.

translate aksara Sunda: KK Regional Bandung Jeung Sakitarna
logo karya Nur Ikhsan Azizudin aka Karungboy aka Udin





eww. panjang bener dah ini.
kalo kurang paham ya mohon dimaklumi. sudah lama ngga nulis. narasinya jelek banget ya. hhe.
kalo Regional lain mau ngajak kolaburasi buat proyek ini silakan hubungi saya selaku so-called-jendral Regional Bandung.

pesan saya, mari sama-sama belajar dalam hal membenahi diri dan orang lain. ngga ada yang bener dan ngga ada yang salah. hanya belum tahu saja. yuk ah capcuss *naik kuda*

11 comments:

  1. Replies
    1. biar sasananya country2 gitu. asik kan. eym.

      Delete
  2. setuju ris, jangan sampe mematikan kreatifitas :D
    logo kk bandungnya keren, videonya jg epic :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembunuhan kreativitas adalah kejahatan paling tidak manusiawi!

      hehe iya keren ya kancutnya ngga keliatan. jadi ga vulgar gitu =w=

      Delete
  3. kreatifitas tanpa batas..
    bebas berkarya selama masih tau aturan.. apapun itu
    ^^
    Logonya wow! :3
    :D

    ReplyDelete
  4. waktu itu ikut komen juga, takut kata-katanya menyakiti :(
    logo reg. bandung nya kerennnnzzz!

    ReplyDelete

Comment juga dong! payah baca doang