27 March, 2014

Tentang Toleransi

kalo kamu bisa hidup sendiri, kamu ngga bakal butuh hal ini. tapi kenyataannya manusia ngga bisa hidup sendiri. mungkin untuk beberapa hal kita bisa ngelakuinnya sendiri. itu juga dengan keadaan tertentu. misalnya, bisa masak buat makan sendiri tapi kalo lagi ngga sehat mana bisa. kita pasti nyari bantuan orang lain. entah itu dari orang tua, kalo lagi di rumah. atau temen kalo lagi merantau.

temen adalah saudara paling deket buat orang merantau seperti saya. ya meskipun rantauan Cimahi - Dayeuhkolot doang. tapi kan tetep aja. kalo butuh sesuatu pasti nyari temen. bukan nyari orang yang ada di rumah.

jauh, men.

aku ngga bakal nyangkal kalau manusia cuma baik waktu ada maunya. atau manusia berbuat baik biar dibales baik lagi sama orang lain. ya memang seperti itu adanya. buat kebanyakan orang sih. tapi pasti ada yang ngga ngarep imbalan atas kebaikannya.

Give more expect less gitu.

nah, korelasinya apa sama Judul postingannya?

ya tentu buat dapetin kebaikan orang lain, kita harus baik lagi. bukan sok-sok menjilat. tapi ini namanya toleransi. aku ambil contoh kecil nih ya. keciiiil banget. misalnya, soal volume TV yang berlebih. ya ngga apa-apa sih volumenya tinggi banget. asal, waktunya tepat. bukan waktu Shalat Maghrib atau waktu orang lain udah pada tidur. masalahnya apa? ada tiga.
pertama, ngeganggu.
kedua, ngeganggu.
ketiga, ngeganggu.

kalo udah kayak gitu hukum 'cermin' pasti berlaku. suatu saat, waktu si pengganggu ini lagi pengen tenang tapi semua orang disekitar dia lagi pada heboh, pasti kesel sendiri. coba kalo si pengganggu ini tau waktu kapan pasag volume TV besar dan engga, orang disekitarnya juga pasti bakal ngelakuin hal yang sama. ngga akan terlalu berisik kalo lagi pada heboh.

iya. yaudah.
selamat malam!

3 comments:

  1. klo orang kurang peka agak susah untuk bertoleransi, jadi harus di tegor langsung biar ngerti

    ReplyDelete
  2. bakar aja tv nya atau matiin listriknya selesai deh :p
    pakai cara ekstrim kalau gak ngerti setelah pakai cara halus

    salam kenall

    ReplyDelete
  3. kalo orang tau waktu nggak akan seperti itu kok, mungkin harus diberikan jam dinding yang lebih besar lagi :)

    ReplyDelete

Comment juga dong! payah baca doang