22 May, 2014

Mentoring. Stamping. Painting. Dyeing.

So, today...
alaaah Bahasa sehari-hari aja lah.

jadi, hari ini aku dan teman sepermainan diminta kampus atau lebih tepatnya dosen prodi buat jadi mentor di acara pelepasan Dharmasiswa di Graha Sanusi Hardjadinata UNPAD Dipatiukur, Bandung.

The Tools

rencana awal sih, satu mahasiswa itu nge-mentor 10 bule. karna ini acara pelepasan Dharmasiswa se-Indonesia. jumlahnya kurang lebih ada 320. udah kaget duluan aja harus nge-mentor 10 bule sendirian. ya meski kebanyakan dari mereka ngerti Bahasa dan bisa ngomong Bahasa tapi kan tetep aja. kami terbiasa ngomong pake Bahasa Indonesia yang sudah tercampur aduk dengan Bahasa daerah lainnya. dan kalau mau ngomong sama para Dharmasiswa itu harus pake Bahasa Indonesia yang baku.

ya, lanjut.
rencana hanyalah rencana. Manusia hanya bisa berencana. tapi kan Tuhan yang mengatur segalanya.
aku kebagian tugas buat membimbing mereka mainan Stamp. tapi bagian Stamp ini kalah laku sama tie-dye dan Fabric painting. hamba sedih.

setelah nunggu dan merasa iri dengan temen yang udah dapet Bule untuk dibimbing, akhirnya ada Siswa dari China yang datang ke posku. Bahasanya udah bagus.Dia jadi Dharmasiswa di Universitas Airlangga. setelah ngomong pake English yang sedikit maksa dan pake bahasa isyarat, akhirnya dia selesai Stamping. namanya siapa ya tadi aku lupa.

"I Love Indonesia"
CTT nya ga tau apa maksudnya. 
 setelah Siswa China itu pergi, datang Siswa dari ga tau darimana. aku lupa. catetan absennya diambil dosen lagi. padahal ada alamat email dari mereka :'(
ngga aku foto juga. habisnya bule yang ini jutek bener. ngegeser kain aja pake kaki. aku serem kak mau ngajak ngobrol dan minta foto.

lalu aku keliling-keliling ke pos temen yang banyak bulenya. motoin mereka bareng bulenya. aku iri. aduh.

eh tiba-tiba diajak ngobrol sama Siswa dari Laos. namanya susah dieja. dia pengen ngelukis. dan dia pengen dibimbing. I mean... the whole process. dari mulai pilih warna apa, sampe di-cat di bagian mananya pun dia nanya aku. aku udah bilang "it's up to you" tapi kekeuh aja dia nanya-nanya. lucu sih. tapi ya aku jadi bete. ngga enak juga sama temen-temen yang udah pada beres-beres sementara aku duduk nemenin Siswa Laos ini.

after all the process....
ini hasilnya

(Pic Credit to Farisah Husna)

eh btw, dia cerita. katanya dulu dia pernah belajar Batik di Jogjakarta.
yaudah. sekilas info aja.

hasil karya Dharmasiswa
"kak, tulisin nama aku dong kak"
gaduh

dijemur


kamudian, acara ditutup dengan penampilan dari Saung Angklung Udjo. seperti yang biasa mereka lakukan. mereka mengajak para Bule buat main angklung. Somehow, denger suara angklung itu syahdu dan bikin tentram~

setelah main angklung selesai, penampilan dari Arumba Saung Angklung Udjo. pertama nyanyi lagu English. tapi ya tetep aja nyelip lagu Oplosan. dan para Bule maju ke depan ikutan joget!

"ora ono gunaneeeee~~"
yah...
begitulah apa yang terjadi hari ini.
kekurangan foto mohon dimaafkan. ngga ada foto tie-dye yah. hari ini sedang malas foto-foto dan mau minta ke temen pada lama respon. keburu males posting soalnya. hueheheh.

siap-siap ketemu Dharmasiswa baru aja nih semester depan :D

PS: hari ini cuci mata berat! banyak bule dari Timur yang brewok dan berhidung mancung!! aaaak aku ga tahaaaan

5 comments:

  1. dicertitakan 'bule' yang nongol di foto oriental ahahaha... gak kaci, bule darimananya? :p

    btw, tulis saja bahasa indonesia, untuk meluruskan kekeliruan dan ke-salah kaprah-an menyebut bahasa indonesia dengan hanya 'bahasa'. padahal kan kita tau klo bahasa itu language ;). supaya kekeliruan ini tidak makin lebih keliru okey.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga kebagian yang 'bule' aseli :p

      ooookeee!

      Delete
  2. waah boleh dong ajarin gua biar fasih bahasa inggris :)

    ReplyDelete
  3. yaudah gapapa, gua pengen bisa b.ing niih. ajarin doong hahaha :)

    ReplyDelete

Comment juga dong! payah baca doang