09 November, 2016

Tentang Korea dan Halal

sejak 2005 aku nonton drama Korea untuk pertama kalinya yang dibintangi oleh Rain, aku merasa mulai banyak drama-drama Korea lainnya masuk ke Indonesia dan menjadi tontonan paporit kebanyakan kaum teteh-teteh, sebagian kaum aa-aa, dan aku yang sempat juga senang nonton drama Korea tapi sudah tidak lagi.

ada beberapa efek dari demam drama Korea, boyband dan girlband, variety show, reality show, dan lain sebagainya. misalnya jadi sering ngomong "ommo" kalau lagi kaget, ngomong "arrasso" kalau mengerti sesuatu, mulai mencoba skincare Korea dan beberapa trick make-up natural ala teteh-teteh Korea, dan juga jadi penasaran sama kuliner khas Korea.


iya, ini bikin sendiri ._.)

nah, beberapa bulan terakhir ini lagi hits  banget mie instan asal Korea Samyang yang katanya pedes banget. sampe banyak youtuber bikin video challenge makan Samyang. bahkan ada yang rasa kejunya juga tuh Samyang. kamu ngga tau? yah... nonton youtube makanya jangan nonton tipi mulu *eh

yak lanjut

waktu hype si Samyang ini lagi naik banget, aku juga sempet beberapa kali nyari Samyang di supermarket yang jual barang dan makanan import. tapi selalu kehabisan. atau kalau pas mienya ada, uangnya ngga ada. jadi yaudah, menyerah saja.

tapi suatu hari aku menemukan sebuah post dari facebook page Halal Korea, kalau ternyata udah banyak banget pengikut pagenya yang nanya Samyang itu halal atau tidak, karena as we know orang Korea doyan banget sama daging babi.

setelah diusut, para admin Halal Korea itu mendatangi pabrik Samyang yang ada di Korea untuk memastikan ke-halal-an mie instan hits itu. post lengkapnya bisa dibaca disini
nah jadi, jika diringkas dapat disimpulkan bahwa Samyang ada dua jenis. ada yang halal dan yang tidak halal. tapi untuk saat ini di Indonesia, belum ada yang dapat logo halal dari MUI.

Q 1: loh, kan aku belinya yang ramyun ayam. masa  iya ngga halal?

A 1: oh, bukan karna bahannya pake daging ayam terus jadi halal lho. makanan halal bisa dikatakan halal ketika cara penyembelihan hewannya sesuai dengan syariat Islam, proses pengolahann makanannya tidak terkontaminasi sedikit pun dari bahan yang tidak halal, dan juga mesin pengolah makanan itu tidak bersatu dengan mesin pengolah daging yang tidak halal.

Q 1: ah tapi di bungkusnya udah pake Bahasa Indonesia kok, halal itu pasti kan?

A 2: belum tentu. iya memang Indonesia mayoritasnya muslim. tapi bukan berarti semua produsen mau memproduksi makanan halal. ya kan?
ada kok beberapa snack terkenal (ex: yang di bungkusnya ada foto member jkt48) sudah pake Bahasa Indonesia sejak lama di daftar bahannya, tapi tetap ngga ada logo halal dari MUI. kenapa? ya karna memang ngga halal. kenapa ngga dibuat yang halal? ya karna produsennya belum mau untuk produksi yang halal.

Q 3: yaudah deh aku mau beli yang kemasannya bukan pake Bahasa Indonesia biar aku ngga tau artinya. kalau ngga tau ngga apa-apa kan?

A 3: yeee yakali neng. dimaklumi itu kalau memang info yang bisa didapatkan dari produk itu miniiiiiiim banget. kayak jaman dulu waktu internet dan handphone  belum tersedia. lah sekarang? nanya Google aja udah bisa dapet jawabannya. dan juga sudah jadi kewajiban kita untuk mencari tahu apa yang kita makan itu sudah halal atau belum.


Samyang Halal (sumber dari sini)

selanjutnya, kalau ragu tentang ke-halal-an makanan Korea, bisa langsung Tanya ke facebook page Halal Korea saja ya teman-teman. ada admin orang Indonesianya juga kok. ngga musti pake Bahasa Korea, eonni nyehheeheheh

semoga bermanfaat ya teman-teman
dan jangan lupa beli produk kucing-kucing ku di side bar kanan itu. ehe.

lovyu, mwah.

12 comments:

  1. Rain emang main drama apa? kok aku lupa ya? .__.
    aku taunya rain itu nyanyi aja ( . . )

    daripada samyang, enakan indomih goreng original. Samyang kayak mi gaga kapan taun :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. ish! dramanya hitz tau dulu tayang di Indosiar jam 5 sore.

      tapi aku ingin nyoba Samyang kak :(
      beliin dong :(

      Delete
  2. Kalau dia bikin pabrik disini bisa jadi aman soalnya pabriknya terawasi. Tapi harganya bakal turun drastis setara gekikara nyahahahha

    ReplyDelete
  3. Pemahaman orang soal makanan halal tuh masih minim ri. Dulu aku kira semua makanan asalkan tidak mengandung babi, alkohol, dan persaudaraannya aku anggap halal. Eh ternyata baru paham cara pengolahan harus diperhatikan juga.

    Samyang g enak ris, jujur aja samyang masuk dilidah hambar. Iya bumbunya pedes, tapi pedes doang g ada belokan rasa lain, dan mienya? Kata orang jawa sepo atau anyep, g ada rasanya sama sekali. Enakan mie indonesia, pake banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya. ada yang berpikir semua makanan yang masuk ke Indonesia itu halal. padahal kan ngga gitu juga.

      Delete
    2. Jangkan makanan Korea, bala-bala di kantin aja bisa haram, kalau DARMAJI. :p

      Delete
  4. Mie sedap spesial kari ditambah bon cabe aja udah kayak samyang

    ReplyDelete
  5. benar banget, yang bahannya ayam atau daging sapi aja belum tentu halal kalau gak di sembelih dengan benar..

    ReplyDelete
  6. susah juga ya nyari makanan halal di korea..

    ReplyDelete

Comment juga dong! payah baca doang